MAKALAH PEMASARAN FARMASI
MARKETING MIX YAKULT
Disusun
Oleh:
Teguh
Irfani (1608K002)
POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA
TEGAL
2017
KATA PENGANTAR
Assalamualaikum Wr.Wb.
Puji dan syukur seraya kita panjatkan kehadirat Allah SWT
karena rahmatnya kami dapat menyelesaikan pembuatan makalah yang berjudul “MAKALAH
PEMASARAN FARMASI MARKETING MIX YAKULT”. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan
kepada Nabi Muhammad SAW.
Tidak lupa ucapan rasa terima kasih kami haturkan kepada
semua pihak yang telah memberikan dukungan baik moril maupun materil dalam
pembuatan makalah ini. Sehingga pembuatan makalah ini bisa berjalan dengan baik
dan lancar tanpa ada halangan suatu apapun .
Adapun tujuan dibuatnya makalah ini adalah untuk menambah
pengetahuan khususnya penulis.
Mengingat keterbatasan pengetahuan dan keterampilan penulis,
kami mohon maaf apabila dalam penyusunan makalah ini terdapat kekurangan dan
kesalahan. Untuk itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun demi
sempurnanya makalah ini. Semoga makalah ini bisa bermanfaat untuk kita semua.
Wassalamualaikum
Wr,Wb.
Daftar Isi
Halaman
KATA PENGANTAR................................................................ i
Daftar Isi..................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................ 1
A. LATAR BELAKANG....................................................... 1
B. PERMASALAHAN.......................................................... 3
C. PROVIL
PERUSAHAAN................................................. 3
BAB
II PEMBAHASAN............................................................. 6
A.
SALURAN
DISTRIBUSI................................................. 6
B.
MARKETING MIX.......................................................... 7
1.
PRODUCT.................................................................... 7
2.
PRICE........................................................................... 12
3.
PLACE.......................................................................... 13
4.
PROMOTION.............................................................. 14
C.
STRATEGI
FUNGSIONAL............................................. 14
D.
PESAING.......................................................................... 16
BAB III PENUTUP
KESIMPULAN.......................................... 17
A.
KESIMPULAN................................................................. 17
DAFTAR PUSTAKA.................................................................. 18
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Sehat adalah sebuah kondisi maksimal, baik dari
fisik, mental dan sosial sehingga dapat melakukan suatu aktifitas yang
menghasilkan sesuatu. Kondisi tubuh yang sehat pada manusia dapat kita lihat
dari kebugaran tubuh. Dalam sebuah lingkungan masyarakat terkadang mengalami
beberapa masalah kesehatan masyarakat, baik muda, tua, wanita, pria.
Saat ini kondisi kesehatan masyarakat indonesia
dikatakan semkain membaik, kita dapat melihat dari berita atau info info
kesehatan penduduk indonesia. Jika tahun tahun sebelumnya terdapat banyak macam
jenis penyakit yang menyerang penduduk indonesia pada tahun ini penderita jenis
penyakit tersebut semakin berkurang.
Pada era saat ini masyarakat Indonesia mulai untuk
berpikir dengan kesehatan jangka panjang. Hal ini ditandai dengan mulai
berkembangnya tingkat ekonomi masyarakat di Indonesia. Pertumbuhan ekonomi yang
meningkat memberikan dampak positif pada
kesadaran masyarakat Indonesia akan kesehatan diri sendiri maupun
keluarganya. Kesadaran akan pentingnya kesehatan pada masyarakat Indonesia
dapat dilihat pada banyaknya keluarga yang mulai berpikir rasional jika
mengalami keadaan sakit langsung dirujuk kepada dokter atau rumah sakit,
berbeda dengan dahulu yang hanya mengandalkan seorang dukun atau hal-hal mistis
lainnya untuk mengobati orang yang sakit.
Karena hal yang dijelaskan di atas sekarang mulai
banyak produk-produk kesehatan yang berkembang di masyarakat, hal ini disambut
baik oleh masyarakat karena masyarakat juga butuh akan produk-produk kesehatan
yang bisa mencegah tubuhnya dari berbagai macam penyakit dan bisa menyembuhkan
salah satu jenis penyakit.
Kesadaran akan kesehatan pada masyarakat Indonesia
membuat perusahaan membuat berbagai macam cara untuk menciptakan produk-produk
untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia. Perusahaan banyak melakukan
penelitian yang berkepanjangan untuk bisa menciptakan produk-produk yang mampu
menyembuhkan berbagai jenis penyakit umum, serta untuk mencegah dari berbagai
penyakit.
Perusahaan berusaha untuk mencari dan menemukan
cara-cara efektif untuk mengenalkan produk kesehatan miliknya dan menggunakan
berbagai macam cara agar konsumen bisa tertarik dan membeli produk kesehatan
tersebut. Salah satunya adalah lewat metode promosi dan penjualan-penjualan
yang unik yang dapat menarik konsumen untuk membeli produk tersebut.
Yakult sebagai produk dari PT Yakult Indonesia
Persada adalah “ Sebagai Pelopor Prebiotik minuman Yakult yang sehat yang
membantu dalam menjaga usus”. Produk ini berbentuk minuman probiotik mirip
yogurt yang dibuat dari fermentasi skimmed milk dan gula dengan bakteri
Lactobacillus casei. Yakult dipromosikan sebagai minuman yang baik untuk
kesehatan. Minuman yang mengandung bakteri yang bermanfaat untuk menekan
pertumbuhan bakteri jahat.
B. PERMASALAHAN
1.
Bagaimana saluran distribusi yang
dipakai oleh Yakult ?
2.
Bagaimana marketing mix (4p) pada produk
Yakult ?
3.
Bagaimana strategi fungsional yang
diterapkan pada produk Yakult ?
C. PROFIL PERUSAHAAN
Yakult ditemukan oleh doktor Minoru Shirota
pada 1930.
Pada 1935,
ia mendirikan Yakult Honsha Co., Ltd. (Kabushiki-gaisha Yakuruto Honsha) untuk
memasarkan minuman ini. Sejak saat itu, Yakult telah memperkenalkan berbagai
minuman yang mengandung bakteri Bifidobacterium
breve, dan telah menggunakan lactobacilli untuk mengembangkan kosmetika. Yakult
Honsha juga memainkan peran penting dalam penelitian obat kemotrapi
irinotecan.
Yakult juga memiliki salah satu tim bisbol
terbesar di Jepang, Tokyo Yakult
Swallows. Saat ini, Yakult diproduksi dan dijual di Jepang,
Asia,
Australia,
Amerika Latin,
dan Eropa,
walaupun bakterinya masih diimpor dari Jepang.
Melalui penggalian terhadap ilmu pengetahuan, Yakult
terus berusaha menemukan cara baru untuk membuat hidup kita lebih sehat dan
berkualitas.Untuk mendukung aktifitas ini pada tahun 1967 telah didirikan
lembaga pusat Yakult untuk penelitian mikrobiologi (Yakult Central Institute
for Microbiological Research) di Tokyo.
Institut ini telah menghasilkan sejumlah penelitian
dengan hasil yang memuaskan. Beberapa penelitian juga telah disebarluaskan
kepada masyarakat. Untuk usaha-usaha tersebut, institut ini telah mendapatkan
sejumlah penghargaan. Di institut ini, berlandaskan falsafah Shirota-ism, para
peneliti mengabdi untuk mengekplorasi kemungkinan pemanfaatan bakteri berguna
untuk meningkatkan kesehatan manusia. Inilah visi Yakult terhadap "life
science". Penelitian yang dilakukan di Yakult Central Institute meliputi :
a. Penelitian
dan pengembangan produk-produk makanan.
b. Penelitian
dan pengembangan produk kosmetik.
c. Penelitian
dan pengembangan produk farmasi.
d. Penelitian
bakteri usus.
e. Penelitian
dan pemberdayaan bahan-bahan bioaktif.
f. Penelitian
bioteknologi.
g. Test
keamanan untuk produk dan bahan baku.
PT.Yakult merupakan perusahaan
manufaktur yang bergerak dalam bidang produksi susu fermentasi. Perusahaan ini
didirikan pada tanggal 2 Februari 1990. Pabrik Yakult mulai berproduksi pada
bulan Januari tahun 1991 dengan menggunakan dana Penanaman Modal Asing 100%
dari Yakult Jepang. Awalnya pabrik Yakult berada di Jakarta. Akan tetapi karena
jumlah air bersih semakin sulit di Jakarta maka pabrik ini dipindahkan ke Sukabumi.
Lokasi pabrik Yakult ini berada di Desa Pewawahan Cicurug Sukabumi, Jawa Barat,
dengan luas tahan 50.000 m2 dan luas bangunan 12.925 m2.
PT Yakult Indonesia Persada adalah “
Sebagai Pelopor Prebiotik minuman Yakult yang sehat yang membantu dalam menjaga
usus”. Dengan misi tersebut tujuan stratejiknya adalah dengan tetap memberikan
komitmen kepada konsumen untuk tetap mempertahankan misi tersebut dengan
mengintegrasikan semua aspek perusahaan. Motto Yakult Indonesia adalah “Cintai
Ususmu, Minum Yakult tiap hari.”
BAB II
PEMBAHASAN
A.
SALURAN
DISTRIBUSI
Saluran distribusi dilakukan melalui ritel, yang
pertama dimulai dari ruang pendingin tersebut selanjutnya Yakult siap
didistribusikan ke pelanggan melalui sistem penjualan langsung ( Direct Sales )
untuk dikirim ke toko-toko dan supermarket maupun melalui sistem penjualan oleh
Ibu-ibu Yakult Lady untuk dikirim ke rumah-rumah setiap hari. Sistem Direct Sales. Sistem ini digunakan
untuk mendistribusikan Yakult ke toko-toko, supermarket, koperasi, kantin dan
lain-lain. Distribusi dilakukan menggunakan mobil berpendingin. Sampai Mei
2007, PT. Yakult Indonesia Persada mempunyai 37 ( tigapuluh tujuh ) cabang atau
TKU ( tempat kegiatan usaha ) yang melayani outlet-outlet yang tersebar di
Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan & Sulawesi.
![]() |
PT Yakult membangun hubungan masyarakat yang baik
melalui sistem distribusi Yakult Lady. Sistem distribusi Yakult Lady yaitu sistem pendistribusian Yakult oleh ibu-ibu
rumah tangga kepada masyarakat di lingkungan tempat tinggal mereka. Ketika
melayani masyarakat, Yakult Lady memberikan informasi kesehatan kepada
pelanggan, sehingga Yakult Lady disebut pula sebagai “Pusat Informasi
Berjalan”.
Para sales Yakult ini memiliki wilayah pemasaran
yang tetap sehingga bisa mendorong keakraban yang berlanjut antara sales dengan
para konsumen. Beberapa sales yang komunikatif dan luwes bahkan merasa memiliki
banyak teman dan kerabat baru yang didapatkan selama mereka bertugas.
Keterampilan berkomunikasi akan menjadi modal utama bagi para sales ini dalam
meningkatkan target penjualannya.
Yakult Lady yang secara tidak langsung juga bertugas
mengampanyekan program kunjungan pabrik. Program kunjungan ke pabrik yakult
membuat pengunjung dapat melihat secara langsung proses produksi Yakult.
Sistem Yakult Lady Melalui sistem ini Yakult
didistribusikan oleh ibu-ibu rumah tangga kepada masyarakat di lingkungan
tempat tinggal mereka. Ketika melayani masyarakat, Yakult Lady juga melakukan
propaganda yang berisi tentang penjelasan mengenai manfaat Yakult. Saat ini PT.
Yakult Indonesia Persada memiliki kurang lebih 1100 Yakult Lady yang tersebar
di 93 center-center di seluruh Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi,
Serang, Cilegon, Bandung, Purwakarta, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya,
Medan, Bali dan Palembang.
B.
MARKETING
MIX
1.
PRODUCT
PT
Yakult Indonesia Persada hanya memproduksi satu jenis produk saja yaitu Yakult.
Yakult sendiri dikemas di dalam sebuah botol plastik kecil dan dijual per
bungkus isi 5 botol.
Yakult
(Yakuruto) adalah minuman probiotik
mirip yogurt
yang dibuat dari fermentasi skimmed milk
dan gula
dengan bakteri Lactobacillus casei.
Karena L. casei Shirota dapat ditemui dalam sistem pencernaan, Yakult
dipromosikan sebagai minuman yang baik untuk kesehatan. Minuman yang mengandung
bakteri yang bermanfaat untuk menekan pertumbuhan bakteri jahat. Namanya
berasal dari jahurto, bahasa Esperanto
untuk "yoghurt".
![yakult](file:///C:/Users/TEGUH/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image003.jpg)
Yakult
dibuat dari bahan-bahan:
a. Bakteri
Lactobacillus casei Shirota strain hidup
b. Susu
bubuk skim
c. Sukrosa
dan glukosa.
d. Perisa
e. Air
Yakult harus selalu disimpan pada suhu
dibawah 10°C karena pada kondisi tersebut bakteri Yakult tidak aktif sehingga
kualitas Yakult dapat dipertahankan terjaga. Penyimpanan pada suhu diatas 10°C
akan mengakibatkan turunnya kualitas karena bakteri Yakult aktif, menghasilkan
asam laktat yang menyebabkan Yakult menjadi asam dan jumlah bakteri hidupnya
akan menurun.Yakult tidak memakai bahan pengawet. Yakult dapat bertahan sejak
pembuatannya sampai dengan tanggal kadaluwarsanya karena:
a. Asam
laktat yang dihasilkan secara alami selama proses fermentasi dapat
memperpanjang umur simpannya.
b. Pembuatannya
secara hygienis
c. Penyimpanannya
pada suhu dibawah 10°C
Yakult bermanfaat untuk meningkatkan
kesehatan kita karena dapat membantu:
a. Mencegah
gangguan pencernaan termasuk memudahkan buang air besar dan mencegah diare.
b. Meningkatkan
kekebalan tubuh.
c. Meningkatkan
jumlah bakteri berguna dalam usus.
d. Mengurangi
racun dalam usus.
e. Membatasi
jumlah bakteri yang merugikan.
Yakult dapat diminum setiap hari, kapan
saja. Sebagian besar orang lebih suka minum Yakult pada saat atau setelah
makan.Disarankan satu botol setiap hari untuk menikmati manfaat Yakult karena
dalam 1 ml Yakult terdapat lebih dari 100 juta bakteri Lactobacillus casei
Shirota strain. Tentu saja Yakult aman diminum lebih dari satu botol sehari dan
dapat lebih efektif untuk menciptakan flora usus yang didominasi oleh bakteri
yang berguna.
Yakult harus dminum setiap hari karena
pemasukan bakteri Yakult secara rutin setiap hari dapat memelihara bakteri
berguna dan menjaga usus tetap sehat. Pada saat anda sehat, keseimbangan
bakteri usus terjaga dengan baik. Tetapi setiap saat keseimbangan ini dapat
terganggu karena menu makanan yang kurang seimbang, stress atau obat-obatan,
sehingga muncul masalah serius seperti diare, dll.
Bakteri dalam yakult hanya tinggal
sementara dalam usus dan dikeluarkan setelah jangka waktu tertentu. Demikian
pula dengan bakteri Yakult. Setelah mencapai usus dalam keadaan hidup, bakteri
Yakult akan berkembang biak sehingga dapat memainkan berbagai peran yang
bermanfaat sampai kemudian dikeluarkan melalui buang air besar. Karena itu
penting untuk mengkonsumsi Yakult ini setiap hari agar selalu terdapat bakteri
bermanfaat dalam jumlah yang cukup yang membuat pencernaan kita senantiasa
sehat.
Yakult bisa diberikan kepada bayi ketika
baru berumur beberapa bulan. Pemberian dapat dimulai dengan mengencerkan satu
bagian Yakult dengan dua bagian air hangat. Gunakan sendok untuk menyuapi
karena pemberian dengan botol tidak direkomendasikan ditinjau dari sudut
pandang hygienisnya. Perlu diingat bahwa tujuan pemberian Yakult adalah
mensuplai Lactobacillus casei Shirota strain, bukan mengganti air susu ibu atau
susu formula. Karena itu jangan sampai pemberian Yakult mengganggu kecukupan
gizinya.
Warna khas Yakult didapatkan secara
alami dari pemanasan campuran susu bubuk skim dan glukosa. Ini adalah reaksi
antara asam amino dalam susu bubuk skim dan karbonil dalam glukosa yang
menyebabkan Yakult berwarna coklat muda. Dalam ilmu kimia ini dinamakan reaksi
Maylard atau reaksi amino karbonil. Warna coklat muda kue dan roti berasal dari
jenis reaksi yang sama.
Konsumsi bakteri Lactobacillus casei
Shirota strain dalam Yakult efektif dalam menormalkan bakteri usus pasien yang
mendapat perawatan antibiotik dalam waktu yang panjang. Pengobatan dengan
antibiotik dalam waktu yang panjang dapat menekan bahkan memusnahkan sebagian
besar bakteri berguna, menciptakan suatu kondisi dimana bakteri yang merugikan
menjadi lebih dominan. Sebagai hasilnya, bakteri patogen atau bakteri merugikan
menjadi dominan dan menyebabkan infeksi tahap kedua. Hal ini juga dapat
menyebabkan gejala - gejala yang menyulitkan termasuk diare. Bakteri Yakult
dapat memainkan peran yang penting dalam mengontrol keseimbangan bakteri usus
selama dan sesudah terapi antibiotik.
2.
PRICE
Yakult
dijual satu banded berisi 5×65 ml dengan harga Rp.8000,
Strategi
penetapan harganya adalah sebegai berikut :
HPP yang dikeluarkan dalam satu
bungkus yakult (5 botol) yang dijual :
BIAYA YANG DIKELUARKAN
|
TOTAL
|
Plastik
pembungkus luar
|
Rp
200
|
Botol
Plastik (5buah)
|
Rp
1400
|
Air
|
Rp
500
|
sukrosa, susu bubuk skim, glukosa, perisa
yakult
|
Rp
400
|
Bakteri l
casei shirota strain
|
Rp
1500
|
Total HPP
|
Rp 4000
|
Harga jual yang ditetapkan untuk 1
bungkus yakult dari produsen adalah sebagai berikut :
Total HPP : Rp 4000
Laba yang diharapkan : Rp 2000 è 100%
Harga jual : Rp
6000
Strategi penetapan harga pada rantai
distribusi adalah sebagai berikut :
![]() |
|||
![]() |
|||
|
![Text Box: Produsen
HPP : Rp 4000
Laba : 100%
Harga Jual : Rp 6000](file:///C:/Users/TEGUH/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image006.png)
Jadi dapat disimpulkan 1 bungkus yakult
dapat sampai ke konsumen melalui ritel dengan harga Rp 8000.
3.
PLACE
PT.Yakult
merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang produksi susu
fermentasi. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 2 Februari 1990. Pabrik
Yakult mulai berproduksi pada bulan Januari tahun 1991 dengan menggunakan dana Penanaman
Modal Asing 100% dari Yakult Jepang. Awalnya pabrik Yakult berada di Jakarta.
Akan tetapi karena jumlah air bersih semakin sulit di Jakarta maka pabrik ini
dipindahkan ke Sukabumi. Lokasi pabrik Yakult ini berada di Desa Pewawahan
Cicurug Sukabumi, Jawa Barat, dengan luas tahan 50.000 m2 dan luas bangunan
12.925 m2.
4.
PROMOTION
Yakult
Mengiklankan produknya menggunakan media elektronik seperti TV dan radio, Media
cetak seperti majalah dan koran, serta internet dengan situs resminya yaitu
www.yakult.co.id , serta melalui berbagai media sosial seperti facebook,
twitter, dan kaskus. Namun, tentu saja masyarakat paling mengingat produk
yakult berkat iklannya di TV. Yakult mempunyai tagline, “Cintai Ususmu Minum
Yakut Tiap Hari”. Ketika masyarakat mendengar tagline ini di TV, tagline
tersebut langsung memberikan masyarakat pesan dan kesan jika meminum yakult
setiap hari akan membuat usus kita sehat dan membuat yakult menjadi produk yang
wajib dikonsumsi oleh masyarakat setiap hari.
Yakult memiih tagline ini tentu saja sangat berarti. Cintai usus adalah
cara baru untuk peduli terhadap diri sendiri. Usus adalah organ tubuh yang
penting agar tubuh menjadi bugar, kuat, dan segar. Jika usus kita baik maka
kitapun bisa hidup dengan baik pula.
C.
STRATEGI
FUNGSIONAL
Sumber
daya strategi mengacu pada serangkaian tindakan spesifik manajemen Sumberdaya
Manusia yang didorong oleh perusahaan untuk mencapai tujuan. Oleh karenanya
salah satu tujuan strategi Perusahaan Yakult adalah untuk menjadi meraih profit
dan benefit perusahaan dengan menjadi pelopor probiotik minuman sehat untuk
keluarga dengan mengoptimumkan untuk pemeliharaan usus, melalui tenaga kerja
dan karyawan yang memiliki komitmen terhadap perusahaan dan lingkungan.
Termasuk didalamnya adalah penggunaan berbagai metode untuk membangun
komunikasi 2 arah, baik itu melalui line telepon maupun internet dan media
komunikasi lainnya. Selain itu menyaring karyawan dan manajer potensial yang
memiliki nilai yang tidak berorientasi pada orang; memberikan jaminan untuk perlakuan
yang paling adil dan keamanan bagi semua karyawan; memanfatkan berbagai promosi
dari dalam berbagai aktivitas untuk memberikan karyawan setiap kesempatan untuk
menyadari sepenuhnya potensi mereka. Manajemen Sumber daya manusia Strategi
berarti memformulasikan dan melaksanakan sistem SDM, kebijakan dan aktivitas,
yang menghasilkan kompetensi dan prilaku karyawan yang dibutuhkan untuk meraih
tujuan strategi PT Yakult Indonesia Persada.
Akhirnya,
semua aspek Perusahaan PT Yakult Indonesia Persada bernaung di bawah payung
Sumber Daya Manusia, sehingga Perspektif Manajemen Sumberdaya Manusia Strategi
pun memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun perusahaan ini agar
bisa tetap berdiri dengan motto “Cintai Ususmu, Minum Yakult tiap hari” yang berorientasi
utama adalah profit dan benefit.
D.
PESAING
Persaingan di pasar minuman kesehatan hasil
fermentasi susu yang ketat membuat PT Ultra Prima Artaboga sebagai produsen
Vitacharm harus mengubah strategi bisnisnya. Perusahaan ini mengubah logo dan kemasannya
Dalam jangka panjang, perubahan wajah ini bertujuan untuk menggenjot penjualan.
Tampaknya, mereka juga ingin mendobrak dominasi merek Yakult yang sudah lama
memasuki pasar ini.
![http://photo.kontan.co.id/photo/2009/11/03/1015786281p.jpg](file:///C:/Users/TEGUH/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image008.jpg)
Lalu, Vitacharm meluncurkan program 3 Days Challenge
sejak pertengahan 2009 ini. Program ini bertujuan memberi kesempatan konsumen
untuk mencoba produk VitaCharm dan memberikan testimoni tentang manfaat yang
mereka rasakan. untuk lebih menegaskan manfaat kandungan multiprobiotik ABC
dalam sebotol VitaCharm, PT Ultra Prima Artaboga akhirnya mengganti logo serta
kemasannya
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Yakult mempunyai tagline, “Cintai Ususmu Minum Yakut
Tiap Hari”. Ketika masyarakat mendengar tagline ini di TV, tagline tersebut
langsung memberikan masyarakat pesan dan kesan jika meminum yakult setiap hari
akan membuat usus kita sehat dan membuat yakult menjadi produk yang wajib
dikonsumsi oleh masyarakat setiap hari.
Saluran distribusi dilakukan melalui ritel, yang
pertama dimulai dari ruang pendingin tersebut selanjutnya Yakult siap
didistribusikan ke pelanggan melalui sistem penjualan langsung ( Direct Sales )
untuk dikirim ke toko-toko dan supermarket maupun melalui sistem penjualan oleh
Ibu-ibu Yakult Lady untuk dikirim ke rumah-rumah setiap hari. Sistem Direct Sales. Sistem ini digunakan
untuk mendistribusikan Yakult ke toko-toko, supermarket, koperasi, kantin dan
lain-lain.
Para sales yakult adalah ibu-ibu berusia 30 - 50
tahun yang penampilan fisiknya sangat bersahaja dan menawarkan keramahan dan
kehangatan yang mungkin tidak bisa kita dapatkan saat berbelanja di pasar
swalayan. Ketika melayani masyarakat, para sales ini akan memberikan informasi
kesehatan kepada pelanggan. Para sales Yakult ini akan memberikan harga
Yakult yang lebih murah dibandingkan
dengan harga di warung maupun supermarket.
DAFTAR
PUSTAKA
https://www.academia.edu/12552793/MAKALAH_YAKULT
https://prezi.com/abxfmdwtzlll/marketing-plan-for-yakult/
https://www.questia.com/magazine/1G1-119885822/marketing-mix-we-ll-call-you-yakult
https://dewikomalasari62.wordpress.com/type/aside/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar